foto1
Dosen dan Karyawan Prodi. Pendidikan Bahasa Inggris
foto1
Kegiatan SIMAK
foto1
Welcoming Party
foto1
Kuliah Umum bersama Prof. V. Santakhumar dari Premji University
foto1
Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN 

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

STKIP PGRI SUMATERA BARAT

 

Visi:

“Menjadi Program Studi Unggul di Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris yang Kompetitif di Wilayah Sumatera Tahun 2026”.

 

Misi:

1.  Melaksanakan Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Inggris yang berbasis kepada pengembangan kecerdasan intelektual (hard skill) dan kecerdasan emosional (soft skill) untuk memperoleh kecakapan hidup (life skill) untuk menghasilkan Tenaga Pendidik (Teacher), Penerjemah (Translator), Jurnalis Internasional (International Journalist) dan Wirausahawan di bidang Bahasa Inggris (Edupreneur).

2.  Melaksanakan dan mengembangkan penelitian dan pengabdian di bidang pendidikan dan pengajaran Bahasa Inggris serta di bidang-bidang lain sesuai dengan keilmuan Bahasa Inggris untuk mendukung kemajuan Bahasa Inggris dan pembangunan bangsa serta berkontribusi dalam pemecahan masalah global.

3.  Mengembangkan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni (IPTEKS) untuk menghasilkan inovasi di bidang Pendidikan Bahasa Inggris yang dilandasi profesionalisme.

4.  Menyelenggarakan program studi yang efesien, transparan, akuntabel dan mandiri untuk mewujudkan tata kelola yang baik.

5.  Mengembangkan kerjasama dengan berbagai lembaga atau instansi terkait (Stakeholder) untuk keberlanjutan program akademik dan non akademik program studi.

 

Tujuan:

1.  Menyiapkan lulusan Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris sebagai Tenaga Pendidik (Teacher), Penerjemah (Translator), Jurnalis Internasional (International Journalist) dan Wirausahawan bidang Bahasa Inggris (Edupreneur) yang berkualitas dan professional sesuai dengan kebutuhan Stakeholders dan selaras dengan kompetensi yang ditetapkan dalam KKNI.

2.  Mengembangkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan pengabdian di bidang Pendidikan Bahasa Inggris yang inovatif, kreatif dan juga kontributif pada masyarakat, bangsa, dan negara.

3.  Mengembangkan IPTEKS dan Inovasi di bidang Pendidikan Bahasa Inggris untuk mendukung pembangunan masyarakat yang berkarakter, berdaya guna, dan  berperan aktif dalam mencapai tujuan pembangunan Bangsa dan Negara.

4.  Mencapai keunggulan kompetitif dan komparatif Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang bersifat akuntabel (accountable), efisien (efficient), efektif (effective) dan tata kelola yang baik (good governance) melalui penerapan prinsip pengelolaan sumber daya sesuai dengan azas pengelolaan yang profesional.

 5.  Menjadikan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris sebagai program studi  yang memiliki tatakelola yang baik (good university governance), sehat dan memiliki daya saing yang tinggi dengan mewujudkansuatu hubungan kerjasama yang positif (mutual relationship) antar lembaga, institusi, instansi dan stakeholders yang terkait demi peningkatan, pengembangan dan keberlanjutan program-program kerja program studi, sehingga mampu mengambil bagian dari pembentukan Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris yang cerdas dan mandiri.

Sasaran

1)  Memiliki kurikulum yang selaras dengan KKNI dan perangkat kurikulum (Silabus, SAP, Kontrak Kuliah dan Bahan Ajar) yang standar sebagai dasar pelaksanaan proses pembelajaran.

2)  Tersedianya sarana dan prasarana yang memadai untuk kegiatan akademik dan kemahasiswaan.

3)  Meningkatnya profesionalisme dosen dan tenaga kependidikan di Program studi Pendidikan Bahasa Inggris.

4)  Meningkatnya kualitas lulusan Program studi Pendidikan Bahasa Inggris guna memenuhi kualifikasi akademik dalam menghadapi pasar kerja yang kompetitif.

5) Meningkatnya kuantitas dan kualitas penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan publikasi ilmiah di bidang pendidikan Bahasa Inggris yang memenuhi standar ilmiah. 

Untuk merealisasikan sasaran diatas, Program studi Pendidikan Bahasa Inggris menetapkan arah kebijakannya  sebagai berikut:

1)  Menyusun dan melakukan peninjauan kurikulum secara periodik dan terstruktur untuk menyesuaikan perkembangan bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan pembangunan dan pasar kerja.

2)  Meningkatkan kemampuan dosen dalam penyusunan Silabus, SAP, Kontrak Kuliah, Bahan Ajar dan Karya Ilmiah.

3)  Meningkatkan kemampuan dosen dengan mengikuti seminar ilmiah/lokakarya/penataran/workshop yang sesuai dengan bidang keahliannya.

4)  Meningkatkan kemampuan dosen melalui tugas belajar dalam bidang yang sesuai dengan Program studi Pendidikan Bahasa Inggris.

5)  Menyediakan dukungan pembiayaan dan media penulisan karya ilmiah, penelitian dan pengabdian masyarakat.

6)  Meningkatkan sarana dan prasarana yang memadai untuk kegiatan akademik dan kemahasiswaan.

7)  Pengembangan program Pendidikan Profesi Guru (PPG).

8)  Pengembangan laboratorium micro teaching yang berbasis teknologi informasi,  laboratorium Bahasa Inggris, dan TOEFL

9)  Meningkatkan kuantitas dan kualitas kerjasama dengan berbagai lembaga, instansi pemerintah maupun swasta.