foto1
Dosen dan Karyawan Prodi. Pendidikan Bahasa Inggris
foto1
Kegiatan SIMAK
foto1
Welcoming Party
foto1
Kuliah Umum bersama Prof. V. Santakhumar dari Premji University
foto1
Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

 

Sinopsis Mata Kuliah

A.  MATA KULIAH PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN (MPK)

 

STKIP001Pendidikan Agama (3-0 SKS)

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang bertujuan untuk menuntun mahasiswa menguasai konsep teoritis agar terbimbing menjadi sarjana muslim yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berfikir filosofis, bersikap rasional dan dinamis, serta menghargai kerjasama antar umat beragama dalam mengabdikan ilmu, teknologi dan seni untuk kepentingan nasional dengan memanfaatkan IPTEKS. 

 

STKIP002 Pendidikan Kewarganegaraan (3-0 SKS)

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang bertujuan untuk menuntun mahasiswa menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan kewarganegaraan yang mencakup wawasan nusantara, kelangsungan hidup bangsa melalui ketahanan nasional (TANAS) dan mengembangkan pengertian POLSTRANAS.

 

STKIP003 Kemampuan Bahasa Indonesia (3-0 SKS)

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang bertujuan untuk menuntun mahasiswa menguasai konsep teoritis bidang keterampilan menggunakan bahasa Indonesia sebagai media penyampaian ilmu pengetahuan. Aksentuasi perkuliahan pada keterampilan berbahasa Indonesia yang baik dan benar baik lisan maupun tertulis dalam karangan ilmiah dan surat menyurat dengan memahami struktur kalimat, pengembangan paragraf, membuat komentar, membuat kesimpulan dan resensi.

 

STKIP010 Ke-PGRI-an (2-0 SKS)

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang bertujuan untuk menuntun mahasiswa menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan yang mendalam tentang pendidikan sejarah perjuangan guru dan jati diri PGRI.

 

STKIP016       Budaya Minangkabau

 

 

 

B.   MATA KULIAH KEILMUAN DAN KETERAMPILAN (MKK)

ING40001English Club (0-1 SKS)

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah parktikum yang bertujuan untuk menuntun mahasiswa menguasai konsep teoritis untuk memfasilitasi mahasiswa dalam mempraktekkan 4 keahlian dasar Bahasa Inggris yang telah mereka peroleh baik berupa konsep teoritis. Kegiatan eksplorasi bahasa ini didistribusikan dalam beberapa jenis keterampilan berbahasa seperti News Reading, Story Telling, Drama, Debate, Master of Ceremony (MC) dan Poetry Reading. Diharapkan setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa memiliki bekal pengalaman yang dapat mereka praktekkan di sekolah tempat mereka mengajar nantinya.

 

 

 

ING40002  Listening I (3-0 SKS)      

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang bertujuan untuk menuntun mahasiswa menguasai konsep teoritis yang dilanjutkan dengan memberikan latihan kepada mahasiswa untuk mendengarkan dan membedakan bunyi (stressing, intonasi, jeda, dsb.) dengan memanfaatkan IPTEKS dalam bidang keahlian menyimak dalam konteks kata, phrasa, dan kalimat serta mampu memahaminya secara umum pada sebuah wacana sederhana.

 

ING40003  Listening II (2-0 SKS)

Merupakan mata kuliah lanjutan dari Listening I, bertujuan agar mahasiswa mampu mendengar serta memahami percakapan, cerita, dan deskripsi (Narrative dan Descriptive) dengan memanfaatkan IPTEKS dalam bidang keahlian menyimak. Lebih jauh lagi, melalui mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu mengolah serta menyeleksi informasi yang mereka peroleh secara lisan dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah.

 

ING40004Advanced Listening (3-0 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali  mahasiswa dengan keterampilan mendengar lanjut, sebagai penyempurnaan keterampilan mendengar yang telah mereka peroleh pada Listening I dan Listening II dengan memanfaatkan IPTEKS dalam bidang keahlian menyimak. Setelah mengikuti mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu memahami teks singkat maupun panjang, dengan konteks yang beragam. Mahasiswa juga diharapkan mampu memahami serta menginterpretasikan wacana tersebut secara detail dengan kecepatan tertentu dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah.

 

ING40005Speaking I  (3-0 SKS)

Mata kuliah keahlian bertujuan agar mahasiswa tidak hanya menguasai konsep teoritis tapi juga memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam memahami dan mampu mengungkapkan tuturan singkat berupa percakapan sehari-hari baik formal maupun informal dengan memperhatikan ketepatan bunyi, intonasi, stressing, jeda serta struktur kalimat yang benar dan beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah.

 

ING40006Speaking II (2-1 SKS)

Merupakan lanjutan mata kuliah Speaking I, bertujuan agar mahasiswa tidak hanya menguasai konsep teoritis tapi juga memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam memahami dan mampu dalam mengeluarkan pendapat, mewawancara dan berdebat dengan topik tertentu dengan menggunakan bahasa Inggris yang baik dan lancar. Mahasiswa juga diharapkan mampu menanggapi pembicaraan orang lain dengan baik dan benar, sekaligus mampu menghargai dan menanggapi pembicaraan orang dalam berdiskusi, dan beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah dan berdebat.

 

ING40007Speech (3-0 SKS)

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah keahlian lanjut dari Speaking I dan Speaking II, bertujuan agar mahasiswa tidak hanya menguasai konsep teoritis pidato tapi juga memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam memahami dan memiliki kemampuan berpidato. Setelah mengikuti perkuliahan ini, diharapkan mahasiswa mampu memahami dan membedakan jenis pidato, membuat konsep berbagai jenis pidato serta mampu berpidato dengan baik di depan para pendengar dan beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah.

 

ING40008 Reading I (3-0 SKS)

Merupakan Mata Kuliah Keahlian Dasar yang mengasah kemampuan membaca mahasiswa dengan memanfaatkan IPTEKS dalam bidang keahliannya. Melalui mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu memahami ide-ide pokok yang terdapat dalam paragraf. Juga diharapkan mereka mampu mengidentifikasi ide rinci masing-masing paragraf serta mengenal pola pengembangan paragraf. Selain itu, mata kuliah ini juga memperkenalkan teknik membaca seperti skimming dan scanning.

 

ING40009 Reading II (3-0 SKS)

Mata kuliah lanjutan dari Reading I yang melatih  mahasiswa untuk memahami berbagai jenis teks/genres serta jenis essay dengan memanfaatkan IPTEKS dalam bidang keahliannya. Mahasiswa juga diharapkan menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan struktur teks dan essay serta mengungkapkan isi teks dan essay dengan bahasa mereka melalui paraphrasing dan summarizing.

 

ING40010 Advanced Reading (3-0 SKS)

Merupakan mata kuliah yang melatih mahasiswa untuk memahami artikel dengan memanfaatkan IPTEKS dalam bidang keahliannya berbahasa Inggris, menulis ringkasannya, serta mempresentasikan dengan jelas. Di sini mahasiswa dilatih untuk mengaplikasikan teknik skimming dan scanning untuk mendapatkan informasi pada teks secara cepat dan tepat.

 

ING40011 Writing I (2-1 SKS)

Mata kuliah keahlian ini bertujuan untuk memperkenalkan cara menulis yang baik dan benar yang dimulai dari tahap yang paling dasar sampai pada penulisan paragraph yang sederhana. Mahasiswa juga diharapkan mampu mengembangkan kemampuan merumuskan  ide kunci dan rinciannya, menkonstruksi kalimat yang terdiri dari satu ide kunci dan beberapa rinciannya dengan menguasai konsep teoritis penulisan sebuah kalimat yang merupakan gabungan dari dua ide kunci (compound and complex sentences). Selanjutnya, mahasiswa dilatih untuk menulis paragraf dengan berbagai jenis pola pengembangan paragraf.

 

ING40012 Writing II (3-0 SKS)

Mata kuliah lanjutan dari Writing I yang bertujuan untuk membimbing mahasiswa mampu mengembangkan kemampuan merumuskan  ide kunci dan rinciannya, menkonstruksi kalimat yang terdiri dari satu ide kunci dan beberapa rinciannya dengan menguasai konsep teoritis penulisan yang melatih mahasiswa untuk menulis beberapa jenis teks sederhana seperti recount, narrative, descriptive, procedures, report, dan exposition dengan memanfaatkan IPTEKS dalam bidang keahlian menulis.

 

 

ING40013Academic Writing (3-0 SKS)

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang bertujuan untuk menuntun mahasiswa menguasai konsep teoritis tentang penulisan sebuah karya tulis ilmiah, sehingga mereka mampu menemukan permasalahan dalam pengajaran Bahasa Inggris, kemudian merumuskannya berdasarkan latar belakang masalah, mengkaji teori-teori yang berkaitan dengan masalah tersebut serta memberikan solusi bagi permasalahan tersebut berdasarkan metode, teknik ataupun strategi mengajar yang sesuai. Sedangkan untuk mahasiswa yang memilih topic Thesis, mereka dilatih untuk menemukan sumber serinci-rincinya yang mungkin bermanfaat untuk mempersiapkan prosedur penelitian serta mempersiapkan instrumen penelitian. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa nantinya mampu mengambil keputusan strategis yang berkaitan dengan bidang pengetahuan terkait serta mengaitkannya dengan kehidupan nyata melalui pemanfaatan IPTEKS.

    

ING40014Translation

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang bertujuan untuk menuntun mahasiswa menguasai konsep teoritis menerjemahkan berbagai jenis teks tertulis dari tingkatan kesulitan menengah dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia atau bahasa Indonesia ke bahasa Inggris. Mata kuliah ini juga bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang konsep, teori dasar dan teknik penerjemahan. Bahan terjemahan yang digunakan dalam praktek akan menekankan penyesuaian gramatikal, leksikal dan tekstual. Selain itu tentu saja membekali mahasiswa dengan pengetahuan menggunakan kamus dan sumber lainnya melalui pemanfaatan IPTEKS.

 

ING40015English Correspondence (3-0 SKS)

Mata kuliah ini memberikan keterampilan kepada mahasiswa dalam berkomunikasi tertulis melalui surat-menyurat dengan memanfaatkan IPTEKS dalam bidang penulisan surat. Mahasiswa juga diharapkan mampu menguasai konsep teoritis penulisan berbagai jenis surat formal dan non formal dengan memperhatikan kaidah-kaidah penulisan surat berbahasa Inggris yang baik dan benar. Diakhir perkuliahan, mahasiswa mampu menulis Surat Lamaran Pekerjaan serta Curriculum Vitae dalam Bahasa Inggris.

 

ING40016 Grammar I (2-1 SKS)

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan kemampuan menguasai konsep teoritisGrammar dasar Bahasa Inggris, yang merupakan bekal bagi guru Bahasa Inggris serta mampu memanfaatkan IPTEKS dalam pengajaran struktur bahasa. Mulai dari pengenalan dan penggunaan kelas kata, penyusunan kalimat sederhana dengan mengaplikasikan tenses yang sederhana (simple present, simple past, future, present perfect, dan  present continuous), preposition, gerund serta menggunakannya dengan benar dan tepat. Mahasiswa juga dilatih untuk membuat kalimat majemuk setara (compound sentence) serta menggunakannya dalam berkomunikasi secara lisan dan tertulis.

 

ING40017Grammar II (2-0 SKS)

Lanjutan dari Grammar I yang membekali mahasiswa dengan kemampuan menguasai konsep teoritis tentang semua tenses yang ada serta penggunaannya dengan kemampuan memanfaatkan IPTEKS. Pada mata kuliah ini, diajarkan tentang passive, V+ to Infitive, V+ ing, participle, compound and complex sentences( noun clause, adjective clause and adverbial clause), preference, causative, linking and verbs. Diharapkan setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa mampu menggunakannya dalam kemampuan menulis dan berbicara serta  mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah grammar.

 

ING40018 Grammar III (2-0 SKS)

Mata kuliah lanjutan dari Grammar II yang membekali mahasiswa dengan kemampuan menguasai konsep teoritis tentang semua tenses yang ada serta penggunaannya dengan kemampuan memanfaatkan IPTEKS tentang penggunaan kalimat if conditional, if clause, wish, as if / as though, elliptical sentence, inversion, dll. Diharapkan setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa mampu menggunakannya dalam kemampuan menulis dan berbicara serta  mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah grammar dalam membuat kalimat tidak langsung, reported speech, preference, participle dan causative.

 

ING40019Advanced Grammar (3-0 SKS)

Mata Kuliah yang membekali mahasiswa dengan kemampuan menguasai konsep teoritis tentang semua tenses yang ada serta penggunaannya dengan kemampuan memanfaatkan IPTEKS dalam mengidentifikasi grammar secara cepat dan tepat serta dapat menganalisis grammar dan mendeteksi kesalahan yang terdapat dalam wacana. Diharapkan setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa mampu menggunakannya dalam kemampuan menulis dan berbicara serta  mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah grammar dalam wacana.

 

ING40020         Vocabulary (3-0 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan untuk membimbing mahasiswa menguasai konsep teoritis tentang semua kelas kata, struktur kata melalui affixation  dan mampu menggunakan kata-kata tersebut dalam konteks yang benar, serta menentukan Synonym, Antonym, Homonym kata-kata tersebutdengan kemampuan memanfaatkan IPTEKS.

 

ING40021  Pronunciation (2-1 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa menguasai konsep teoritis dalam melafazkan bunyi-bunyi dalam Bahasa Inggris dengan benar, terutama yang tidak biasa ditemukan dalam Bahasa Indonesia, sehingga mendekati lafaz penutur asli dan terdengar alami dengan kemampuan memanfaatkan IPTEKS.

 

ING40022  General Linguistics (3-0  SKS)

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa menguasai konsep teoritis dasar ilmu bahasa yang menyangkut sistem bunyi, bentuk kata, konstruksi dan makna bahasa, fungsi dan konteks bahasa serta penggunaannya dalam berkomunikasi dalam kelompok sosial. Diharapkan mahasiswa juga mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah.

 

ING40023  Literature (2-0 SKS)

Mata kuliah ini memperkenalkan berbagai bentuk dan konsep teoritis dasar sastra Inggris: drama, prosa dan puisi. Diharapkan mahasiswa mampu menguasai konsep teoritis serta menganalisis, mengkritisi produk sastra tersebut sehingga dapat mengerti pesan yang terkandung di dalamnya. Lebih jauh lagi, diharapkan juga mahasiswa mampu menampilkan produk-produk sastra tersebut dengan baik dengan memanfaatkan IPTEKS

 

ING40024 English for Young Learners (3-0 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa menguasai konsep teoritis dalam merencanakan serta menyusun bahan ajar serta memilih metode pembelajaran bahasa Inggris untuk anak-anak, yang disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran bahasa dan perkembangan anak-anak. Mahasiswa juga dituntun untuk mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang keahlian pembelajaran bahasa Inggris untuk anak-anak serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah

 

 

Mata kuliah Pilihan Bidang Keahlian Translator

 

INGTR40025  Semantic dan Pragmatic (2-0 sks)

                        Merupakan mata kuliah pilihan bagi mahasiswa yang memilih bidang keahlian menerjemah (translator) yang bertujuan agar mahasiswa menguasai konsep teoritis mengenai hakikat dan studi makna (semantik) sebagai dasar kajian dalam bahasa Inggris serta pengajarannya. Dalam perkuliahan ini dibahas hakikat semantik, jenis dan perubahan makna serta relasi makna. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa juga memiliki pemahaman tentang konsep makna bahasa yang berhubungan dengan konteks diluar bahasa yang meliputi konteks tuturan budaya dan sosial.

 

INGTR40026  Discourse Analysis (2-0 sks)

                        Merupakan mata kuliah pilihan bagi mahasiswa yang memilih bidang keahlian menerjemah (translator) yang bertujuan agar mahasiswa menguasai konsep teoritis dalam menganalisa wacana baik lisan ataupun tulisan yang berkaitan dengan dan education dengan memanfaatka IPTEKS.

 

INGTR40027  Indo-Eng Translation (2-0 SKS)

Merupakan mata kuliah pilihan bagi mahasiswa yang memilih bidang keahlian menerjemah (translator) yang mendidik mahasiswa memiliki pengetahuan yang memadai mengenaibagaimana menginterpretasi makna suatu teks dalam bahasa Indonesia sebagai bahasa sumber (SL) ke bahasa Inggris sebagai bahasa target (TL)  dan menghasilkan teks dalam bahasa Inggris yang bisa mengkomunikasikan pesan serupa. Terjemahan harus mempertimbangkan beberapa batasan, termasuk konteks, aturan tata bahasa Indonesia, konvensi penulisan, idiom, serta hal lain antar kedua bahasa.

 

INGTR40028  Eng –Indo Translation (2-0 SKS)

Merupakan mata kuliah pilihan bagi mahasiswa yang memilih bidang keahlian menerjemah (translator) yang mendidik mahasiswa memiliki pengetahuan yang memadai mengenaibagaimana menginterpretasi makna suatu teks dalam bahasa Inggris sebagai bahasa sumber (SL) ke bahasa Indonesia sebagai bahasa target (TL)  dan menghasilkan teks dalam bahasa Indonesia yang bisa mengkomunikasikan pesan serupa. Terjemahan harus mempertimbangkan beberapa batasan, termasuk konteks, aturan tata bahasa Inggris, konvensi penulisan, idiom, serta hal lain antar kedua bahasa.

 

INGTR40029  Indo-Eng Translation Project (2-0 SKS)

                        Merupakan mata kuliah yang bertujuan untuk membimbing mahasiswa dalam memanfaatkan IPTEKS untuk menghasilkan proyek penerjemahan yang berasal dari bahasa Indo sebagai bahasa sumber (SL) ke bahasa Inggris sebagai bahasa target (TL). Untuk mampu menghasilkan proyek terjemahan dengan kaidah bahasa ynag baik dan benar, sebelumnya mahasiswa dituntun untuk menguasai konsep teoritis bidang tanslation secara umum serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapkan dalam penyelesaian masalah penerjemahan dikarenakan perkembangan teori dan pandangan tentang proses menghasilkan terjemahan kedalam bahasa Inggris. 

 

INGTR40030  Eng –Indo Translation Project (2-0 SKS)

Merupakan mata kuliah yang bertujuan untuk membimbing mahasiswa dalam memanfaatkan IPTEKS untuk menghasilkan proyek penerjemahan yang berasal dari bahasa Inggris sebagai bahasa sumber (SL) ke bahasa Indonesia sebagai bahasa target (TL). Untuk mampu menghasilkan proyek terjemahan dengan kaidah bahasa ynag baik dan benar, sebelumnya mahasiswa dituntun untuk menguasai konsep teoritis bidang tanslation secara umum serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapkan dalam penyelesaian masalah penerjemahan dikarenakan perkembangan teori dan pandangan tentang proses menghasilkan terjemahan kedalam bahasa Indonesia.

 

INGTR40031  Indo – Eng Interpretation (2-0 SKS)

Merupakan mata kuliah pilihan bagi mahasiswa yang memilih bidang keahlian penafsiran makna ucapan secara lisan yang dimulai dengan membekali mahasiswa dalam menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan Interpretation dengan menyampaikan interpretasi makna ucapan dari bahasa Indonesia sebagai bahasa sumber (SL) kedalam bahasa Inggris sebagai bahasa target (TL) dengan memanfaatkan IPTEKS melalui praktek dan latihan dalam menafsirkan teks-teks bahasa Indonesia lisan dan tulisan: dialog berbentuk formal dan informal, teks tertulis berbagai bentuk, debat, ceramah dan bahan lainnya hingga tingkat kesulitan menengah. Juga membimbing para mahasiswa dengan praktek dan latihan dalam terjemahan lisan dan tertulis dari bahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris; berbagai jenis makna, kategori majemuk, kliping, akronim, kiasan, idiom dan teks berbagai jenis wacana. Hal-hal yang harus diperhatikan oleh seorang penerjemah harus benar-benar dipahami sehingga hasil terjemahannya sesuai dengan sumber bacaannya dan tidak mengurangi ataupun membingungkan orang yang mengkaji ilmu tersebut.

 

INGTR40032  Eng – Indo Interpretation (2-0 SKS)

Merupakan mata kuliah pilihan bagi mahasiswa yang memilih bidang keahlian penafsiran makna ucapan secara lisan yang dimulai dengan membekali mahasiswa dalam menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan Interpretation dengan menyampaikan interpretasi makna ucapan dari bahasa Inggris sebagai bahasa sumber (SL) kedalam bahasa Indonesia sebagai bahasa target (TL) dengan memanfaatkan IPTEKS melalui praktek dan latihan dalam menafsirkan teks-teks bahasa Inggris lisan dan tulisan: dialog berbentuk formal dan informal, teks tertulis berbagai bentuk, debat, ceramah dan bahan lainnya hingga tingkat kesulitan menengah. Juga membimbing para mahasiswa dengan praktek dan latihan dalam terjemahan lisan dan tertulis dari bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia; berbagai jenis makna, kategori majemuk, kliping, akronim, kiasan, idiom dan teks berbagai jenis wacana. Hal-hal yang harus diperhatikan oleh seorang penerjemah harus benar-benar dipahami sehingga hasil terjemahannya sesuai dengan sumber bacaannya dan tidak mengurangi ataupun membingungkan orang yang mengkaji ilmu tersebut.

 

INGTR40033  Internship Translator (0 – 2 sks)

                        Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan teori penerjemahan kedalam bentuk kerja nyata dengan mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang keahlian translator dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah penerjemahan serta mampu bertanggung jawab dalam menghasilkan terjemahan yang sesuai dengan kaedah kebahasan yang   berterima oleh pengguna bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

 

Mata kuliah Pilihan Bidang Keahlian International Journalistics

INGJR40034    Basic Journalistic (2-0 SKS)

Merupakan mata kuliah pilihan bagi mahasiswa yang memilih bidang keahlian jurnalistics yang mendidik mahasiswa memiliki pengetahuan yang berisikan sejarah awal jurnalistics, pengertian dan batasan berita media cetak, rumusan dan bangunannya yang berkaitan pula dengan teknik pencarian berita, pengolahan data, dan penulisan berita untuk media cetak, lay-out (perwajahan), dan penggunaan bahasa jurnalistik media cetak. Mahasiswa juga akan diperkenalkan pada pengetahuan dasar tentang manajemen media cetak, serta hukum dan kode etik jurnalistik. Untuk matakuliah ini sejarah awal jurnalisme media TV dan radio, pengertian dan batasan berita media elektronik, rumusan dan bangunannya yang berkaitan pula dengan teknik pencarian berita, pengolahan data, dan penulisan berita untuk media elektronik, penggunaan bahasa jurnalistics media elektronik, dan penyajian berita media elektronik (praktikum sebagai presenter televisi atau penyiar radio dan penggunaan kamera televisi atau peralatan studio radio). Mahasiswa juga akan diperkenalkan pada pengetahuan dasar tentang manajemen media elektronik, hukum dan kode etik jurnalistics media elektronik.

 

INGJR40035    Basic Mass Communicatation (2-0 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan teori komuinakasi massa kedalam bentuk kerja nyata dengan mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang komunikasi dan perubahan sosial meliputi  tentang definisi komunikasi dan perubahan social. Teori yang berkaitan dengan komunikasi dan perubahan sosial, metoda penelitian serta konflik yang terjadi dalam sosial dan cara mengatasinya. Pemahaman Komunikasi dalam konteks sosial.

 

INGJR40036    English for Journalism (2-0 SKS)

Merupakan mata kuliah pilihan bagi mahasiswa yang memilih bidang keahlian jurnalistics yang mendidik mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan. Untuk mampu membuat orang mau mengungkapkan informasi sebagai mana adanya. Melatih mahasiswa untuk berani,percaya diri ,gigih, tangguh dalam mencari berita- berita. Mampu mencari berita-berita dengan observasi atau interview baik dalam bahasa Indonesia dan menyampaikan laporannya dalam Bahasa Inggris.

 

INGJR40037    English for Mass Communicatation (2-0 SKS)

Merupakan mata kuliah pilihan bagi mahasiswa yang memilih bidang keahlian jurnalistics yang mendidik mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan. Untuk mampu membuat orang mau mengungkapkan informasi sebagai mana adanya. Melatih mahasiswa untuk berani,percaya diri ,gigih, tangguh dalam mencari berita- berita. Mampu mencari berita-berita dengan observasi atau interview baik dalam bahasa Indonesia dan menyampaikan laporannya dalam Bahasa Inggris.

 

INGJR40038    Mass Media Communication  (2-0 SKS)

Mata kuliah ini berisipokok bahasan dalam Komunikasi dan perubahan sosial meliputi  tentang definisi komunikasi dan perubahan social. Teori yang berkaitan dengan komunikasi dan perubahan sosial, metoda penelitian serta konflik yang terjadi dalam sosial dan cara mengatasinya. Pemahaman Komunikasi dalam konteks sosial.

 

INGJR40039  Mass Media Journalism (2-0 SKS)

Mata kuliah ini berisipokok bahasan dalam Komunikasi dan perubahan sosial meliputi  tentang definisi komunikasi dan perubahan social. Teori yang berkaitan dengan komunikasi dan perubahan sosial, metoda penelitian serta konflik yang terjadi dalam sosial dan cara mengatasinya. Pemahaman Komunikasi dalam konteks sosial.

 

INGJR40040  News Writing (2-0 SKS)

Merupakan mata kuliah pilihan bagi mahasiswa yang memilih bidang keahlian jurnalistics yang mendidik mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan penulisan laporan yang merupakan salah satu keterampilan komunikasi yang membutuhkan keahlian tersendiri. Mahasiswa juga dibekali keterampilan untuk memahami bahwa sebuah laporan yang baik tentu haruslah mudah dipahami, obyektif, dan tepat sesuai dengan tujuan laporan dikarenakan cara penulisan laporan yang benar akan sangat mempengaruhi efektifitas laporan. Oleh sebab itu, pengetahuan mengenai teknik penulisan laporan ini menjadi penting untuk dipelajari. Mahasiswa diharapkan memiliki kompetensi yang berkaitan dengan tugas dan tanggung jawabnya tentunya harus memahami betul bentuk dan isi laporan yang harus ditulis.

 

INGJR40041  Investigation Report (2-0 SKS)

Merupakan mata kuliah pilihan bagi mahasiswa yang memilih bidang keahlian jurnalistic yang mendidik mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan peliputan investigasi memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai teori dan praktik peliputan dengan memahami jenis-jenis wawancara, perencanaan, pelaksanaan, hingga penulisan hasil liputan

 

INGJR40042  Internship Journalistic(0-2 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan teori penerjemahan kedalam bentuk kerja nyata dengan mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang keahlian jurnalistis dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah jurnalistic serta mampu bertanggung jawab dalam menghasilkan tulisan dalam bentuk laporan peliputan, berita baik nasional ataupun internasional dalam konsep media cetak, media TV ataupun media on line yang sesuai dengan kaedah jurnalisme.

 

Mata kuliah Pilihan Bidang Keahlian Educational Enterpreneur

INGER40043  Training of Indo for Foreigners (2-0 SKS)

Merupakan mata kuliah pilihan bagi mahasiswa yang memilih bidang keahlian kewirausahaan. Mata kuliah ini bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam menguasai konsep pemberian pelatihan bahasa Inggris bagi penutur asing yang berkepentingan bisnis yang bukan penutur bahasa Inggris asli dan juga membantu mahasiswa agar dapat memanfaatkan IPTEKS dalam bidang pelatihan bahasa. Melalui konsep yang dikuasai diharapkan mahasiswa akan mampu menjadi seorang trainer bahasa Inggris yang mampu memberikan petunjuk dalam memilih alternatif solusi berbahasa Inggris.

 

INGER40044  Training of English for Indonesian (2-0 SKS)

Merupakan mata kuliah pilihan bagi mahasiswa yang memilih bidang keahlian kewirausahaan. Mata kuliah ini bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam menguasai konsep pemberian pelatihan bahasa Inggris bagi penutur asli bahasa Indonesia yang berkepentingan bisnis dan juga membantu mahasiswa agar dapat memanfaatkan IPTEKS dalam bidang pelatihan bahasa. Melalui konsep yang dikuasai diharapkan mahasiswa akan mampu menjadi seorang trainer bahasa Inggris yang mampu memberikan petunjuk dalam memilih alternatif solusi berbahasa Inggris.

 

INGER40045  English for Management Purposes (2-0 SKS)

Merupakan mata kuliah pilihan bagi mahasiswa yang memilih bidang keahlian kewirausahaan yang bertujuan untuk membantu mahasiswa untuk menguasai konsep teoritis bahasa yang digunakan untuk kepentingan manajement meliputi kosakata, stuktur bahasa dan konteks berbahasa dalam dunia majement. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa akan mampu memberikan pembelajaran dalam menggunakan bahasa Inggris guna kepentingan manajemen dengan memanfaatkan IPTEKS.

 

INGER40046  English for Business Purposes (2-0 SKS)

Merupakan mata kuliah pilihan bagi mahasiswa yang memilih bidang keahlian kewirausahaan yang bertujuan untuk membantu mahasiswa untuk menguasai konsep teoritis bahasa yang digunakan untuk kepentingan bisnis meliputi kosakata, stuktur bahasa dan konteks berbahasa dalam dunia majement. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa akan mampu memberikan pembelajaran dalam menggunakan bahasa Inggris guna kepentingan bisnis dengan memanfaatkan IPTEKS.

 

INGER40047  Management organization behaviour (2-0 SKS)

Merupakan mata kuliah pilihan bagi mahasiswa yang memilih bidang keahlian kewirausahaan. Mata kuliah ini bertujuan untuk menuntun mahasiswa dalam menguasai konsep teoritis  yang membahas keterkaitan antara perilaku individu, perilaku kelompok, dan perilaku organisasi dalam konteks dinamika keorganisasian yang juga dipengaruhi oleh struktur organisasi tersebut. Mata kuliah ini juga memperkenalkan isu tentang etika organisasi, baik yang menyangkut tentang dinamika internal perusahaan maupun tentang dinamika organisasi internasional dengan memanfaatkan IPTEKS. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu mengambil keputusan yang strategis dalam mengimplemntasikan keilmuan managemen organisasi sesai konsep keterkaitan individual, kelompok dan organisasi dalam etika berorganisasi.

 

INGER40048  Management business behaviour (2-0 SKS)

Merupakan mata kuliah pilihan bagi mahasiswa yang memilih bidang keahlian kewirausahaan. Mata kuliah ini bertujuan untuk menuntun mahasiswa dalam menguasai konsep teoritis  yang membahas keterkaitan antara perilaku individu, perilaku kelompok, dan perilaku bisnis dalam konteks dinamika bisnis yang juga dipengaruhi oleh struktur perusahaan tersebut. Mata kuliah ini juga memperkenalkan isu tentang etika bisnis, baik yang menyangkut tentang dinamika internal perusahaan maupun tentang dinamika bisnis internasional dengan memanfaatkan IPTEKS. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu mengambil keputusan yang strategis dalam mengimplemntasikan keilmuan managemen organisasi sesai konsep keterkaitan individual, kelompok dan organisasi dalam etika berbisnis.

 

INGER40049  Human resources management (2-0 SKS)

Merupakan mata kuliah pilihan bagi mahasiswa yang memilih bidang keahlian kewirausahaan. Tujuan matakuliah ini adalah untuk membimbing mahasiswa untuk menguasai konsep teoritis dalam memahami proses pengelolaan SDM dalam suatu system manajemen, dimulai dari perencanaan, pengadaan, pengembangan/ pembinaan, pemeliharaan SDM agar dapat dicapai produktifitas/performance kerja yang optimal. Didalam perkuliah ini beberapa topic akan dipaparkan meliputi, pengantar Manajemen SDM, perencanaan dan pengadaan pegawai, penilaian prestasi pegawai, pelatihan dan pengembangan pegawai, sistem penggajian serta pemeliharaan SDM dengan memanfaatkan IPTEKS.

 

INGER40050  Human resources organization  (2-0 SKS)

Merupakan mata kuliah pilihan bagi mahasiswa yang memilih bidang keahlian kewirausahaan. Tujuan matakuliah ini adalah untuk membimbing mahasiswa untuk menguasai konsep teoritis dalam memahami proses pengelolaan SDM dalam suatu organisasi, dimulai dari perencanaan, pengadaan, pengembangan/ pembinaan, pemeliharaan SDM agar dapat dicapai produktifitas/performance kerja yang optimal. Didalam perkuliah ini beberapa topic akan dipaparkan meliputi, pengantar Manajemen SDM, perencanaan dan pengadaan pegawai, penilaian prestasi pegawai, pelatihan dan pengembangan pegawai, sistem penggajian serta pemeliharaan SDM dengan memanfaatkan IPTEKS.

 

 

INGER40051  Internship Enterpreneur (0-2 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan teori kewirausahaan kedalam bentuk kerja nyata dengan mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang keahlian kewirausahaan dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah yang terjadi didunia bisnis nasional ataupun internasional serta mampu bertanggung jawab dalam menghasilkan  bahasa didunia bisnis yang sesuai dengan kaedah kebahasan yang   berterima oleh pengguna bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

 

C.  MATA KULIAH KEAHLIAN BERKARYA (MKB)

STKIP004  Pengantar Pendidikan (3-0 SKS)

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang bertujuan untuk menunutun mahasiswa menguasai konsep teoritis hakekat manusia dan pengembangannya, hakekat azas, landasan dan lingkungan pendidikan serta pendidikan nasional. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa nantinya mampu mengambil keputusan strategis yang berkaitan dengan bidang pengetahuan terkait serta mengaitkannya dengan kehidupan nyata melalui pemanfaatan IPTEKS.

 

STKIP005  Perkembangan Peserta Didik (3-0 SKS)

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang bertujuan untuk menunutun mahasiswa menguasai konsep teoritis karakteristik pertumbuhan dan perkembangan, kebutuhan dan tahap-tahap perkembangan, penyesuaian diri remaja (usia sekolah menengah) serta implikasinya dalam penyelenggaraan pendidikan. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa nantinya mampu mengambil keputusan strategis yang berkaitan dengan bidang pengetahuan terkait serta mengaitkannya dengan kehidupan nyata melalui pemanfaatan IPTEKS.

 

STKIP006  Profesi Kependidikan (3-0 SKS)

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang bertujuan untuk menunutun mahasiswa menguasai konsep teoritis peranan guru dalam pelayanan bimbingan dan konseling administrasi pendidikan di sekolah, penyikapan tugas, refleksi profesional dan kode etik profesi keguruan. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa nantinya mampu mengambil keputusan strategis yang berkaitan dengan bidang pengetahuan terkait serta mengaitkannya dengan kehidupan nyata melalui pemanfaatan IPTEKS.

 

ING40025  Micro Teaching (0-3 SKS )

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang bertujuan untuk menunutun mahasiswa menguasai konsep teoritis pengajaran dan melatih mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman mengajar Bahasa Inggris dengan proses praktek latihan mengajar di  labor Micro Teaching, dengan mahasiswa lain sebagai penanggap. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa nantinya mampu mengambil keputusan strategis yang berkaitan dengan bidang pengetahuan terkait serta mengaitkannya dengan kehidupan nyata melalui pemanfaatan IPTEKS dan mampu mempraktekkan prinsip, teori, metode dan teknik yang telah mereka pelajari pada mata kuliah TEFL.

Prasyarat: Telah lulus mata kuliah Grammar I, Pronunciation, Curriculumand Material Development, TEFL, dan Language Assessment.

ING40026  Curriculum and Material Development  (3-0 SKS )

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang bertujuan untuk menunutun mahasiswa menguasai konsep teoritis tentang fungsi dan cakupan kurikulum serta melatih mahasiswa untuk mempersiapkan silabus dan RPP dengan benar serta mampu menguasai konsep teoritis untuk memilih, menyesuaikan materi dengan situasi dan kondisi, dan mengembangkan materi ajar berdasarkan tuntutan kurikulum. Juga diharapkan mereka mampu menyeleksi dan menciptakan media yang sesuai dengan materi ajar melalui pemanfaatan IPTEKS dalam bidang keilmuan kurikulum.

 

ING40027  English for Specific Purposes (3-0 SKS)

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang bertujuan untuk menuntun mahasiswa menguasai konsep teoritis bagaimana merencanakan, menyusun disain pembelajaran, serta memilih bahan ajar serta metode pembelajaran Bahasa Inggris yang tepat dan cocok untuk berbagai disiplin ilmu. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa nantinya mampu mengambil keputusan strategis yang berkaitan dengan bidang pengetahuan terkait serta mengaitkannya dengan kehidupan nyata melalui pemanfaatan IPTEKS

 

ING40028  Language Assessment (3-0 SKS)

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang bertujuan untuk menuntun mahasiswa menguasai konsep teoritis dalam kegiatan evaluasi pembelajaran bahasa. Merencanakan tujuan, alat, disain dan menggunakan hasil penilaian untuk menyimpulkan hasil pembelajaran. Prinsip-prinsip evaluasi pengajaran bahasa juga diberikan sehingga diharapkan nantinya mahasiswa mampu melakukan penilaian hasil belajar dan menyimpulkan keberhasilan proses belajar mengajar yang telah dilaksanakan. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa nantinya mampu mengambil keputusan strategis yang berkaitan dengan bidang pengetahuan terkait serta mengaitkannya dengan kehidupan nyata melalui pemanfaatan IPTEKS

 

ING40029  TEFL (3-0 SKS)

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang bertujuan untuk menuntun mahasiswa menguasai konsep teoritis tentang metode-metode pembelajaran Bahasa Inggris yang sedang berkembang serta mendiskusikannya serta jika memungkinkan mencobakan prinsip-prinsip metode pembelajaran tersebut di dalam kelas, untuk didiskusikan bersama. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa nantinya mampu mengambil keputusan strategis yang berkaitan dengan bidang pengetahuan terkait serta mengaitkannya dengan kehidupan nyata melalui pemanfaatan IPTEKS.

 

ING40030  Classroom Management (3-0 SKS)

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang bertujuan untuk menuntun mahasiswa menguasai konsep teoritis tentang manajemen kelas dalam proses belajar mengajar. Bagaimanapun, keragaman kemampuan siswa yang berbeda membutuhkan teknik pengaturan kelas yang berbeda pula. Sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik sesuai kondisi yang ada di sekolah masing-masing. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa nantinya mampu mengambil keputusan strategis yang berkaitan dengan bidang pengetahuan terkait serta mengaitkannya dengan kehidupan nyata melalui pemanfaatan IPTEKS

 

D.  MATA KULIAH    BERKEHIDUPAN BERSAMA (MBB)

STKIP007  Ilmu Kealaman Dasar (3-0 SKS)

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang bertujuan untuk menuntun mahasiswa menguasai konsep teoritis di bidang ilmu-ilmu kemasyarakatan, seperti biologi dan perkembangan sains dan matematika secara populer terutama dasar-dasar matematika modern. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa nantinya mampu mengambil keputusan strategis yang berkaitan dengan bidang pengetahuan terkait serta mengaitkannya dengan kehidupan nyata melalui pemanfaatan IPTEKS

 

STKIP008  Ilmu Sosial Budaya Dasar (3-0 SKS)

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang bertujuan untuk menuntun mahasiswa menguasai konsep teoritis di bidang ilmu-ilmu kemasyarakatan, seperti Sosiologi, Antropologi, Ekonomi, Politik, Budaya dan Psikologi dengan pembahasan inter disipliner guna melengkapi pembinaan kepribadian calon sarjana. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa nantinya mampu mengambil keputusan strategis yang berkaitan dengan bidang pengetahuan terkait serta mengaitkannya dengan kehidupan nyata melalui pemanfaatan IPTEKS

 

E.   MATA KULIAH PERILAKU BERKARYA (MPB)

ING40031  Seminar in Language Teaching (3-0 SKS)

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang bertujuan untuk menuntun mahasiswa menguasai konsep teoritis topic-topik pengajaran Bahasa Inggris yang terbaru yang akan dipresentasikan dalam sebuah seminar pengajaran bahasa. Diharapkan mahasiswa mampu mempresentasikan/mendiskusikan idenya secara ilmiah dan mampu menanggapi topik yang diseminarkan dengan baik. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa nantinya mampu mengambil keputusan strategis yang berkaitan dengan bidang pengetahuan terkait serta mengaitkannya dengan kehidupan nyata melalui pemanfaatan IPTEKS.

 

ING40038   Magang I

Merupakan mata kuliah wajib LPTK yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa sebagai salon guru praktek di sekolah latihan yang akan dituju untuk melakukan observasi terkait dengan proses  pembelajaran di sekolah tersebut. Selain itu, mereka juga mengenali struktur organisasi sekolah, dan manajemen guru di sekolah. Dalam hal ini pelaporan yang dituntut adalah dalam bentuk tertulis.

 

ING40039  Magang II

Mata kuliah ini adalah mata kuliah wajib dan lanjutan dari magang I. Mata kuliah ini kembali memberikan kesempatan kepada mahasiswa untk kembali lagi ke sekolah latihan untuk mempersiapkan segala perangkat pembelajaran dengan arahan dan bimbingan guru pamong di sekolah. Setelah proses dituntaskan, maka mahasiswa pun kembali membuat laporan tertulis atas apa yang telah mereka kerjakan selama di sekolah latihan.

Prasyarat: telah lulus mata kuliah magang I.

 

ING40032   Magang III (0-2 SKS)

Merupakan mata kuliah wajib LPTK yang bertujuan memberikan pengalaman lapangan kepada Mahasiswa untuk mempraktekan semua teori yang telah dipelajari sebelumnya. Termasuk mendapatkan pengalaman tugas-tugas non teaching yang juga merupakan guru disekolah seperti piket, dll.

Prasyarat: Telah lulus mata kuliah Micro Teaching, ESP, dan Classroom Management, Magang II. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa nantinya mampu mengambil keputusan strategis yang berkaitan dengan bidang pengetahuan terkait serta mengaitkannya dengan kehidupan nyata melalui pemanfaatan IPTEKS.

 

ING40033  Research in Language Teaching I (3-0 SKS)

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang bertujuan untuk menuntun mahasiswa menguasai konsep teoritis bentuk penelitian kuantitatif seperti correlational research, causal comparative, dan experimental research. Mereka juga dibekali dengan kemampuan menggunakan dan memahami makna statistik untuk ketiga metode penelitian tersebut. Terakhir, mahasiswa diharapkan mampu menulis sebuah proposal penelitian ilmiah dengan  mengaplikasikan salah satu metode penelitian di atas, mempersiapkan instrument penelitian, memilih teknik pemilihan sampel yang tepat, serta menerapkan teknik analisis data yang sesuai. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa nantinya mampu mengambil keputusan strategis yang berkaitan dengan bidang pengetahuan terkait serta mengaitkannya dengan kehidupan nyata melalui pemanfaatan IPTEKS

 

ING40034  Research in Language Teaching II (3-0 SKS)

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang bertujuan untuk menuntun mahasiswa menguasai konsep teoritis penelitian kualitatif dan descriptive, serta action research, yang menggabungkan dua jenis penelitian kuantitatif dan kualitatif. Terakhir, mahasiswa diharapkan mampu menulis sebuah proposal penelitian ilmiah dengan  mengaplikasikan salah satu metode penelitian di atas, mempersiapkan instrumen penelitian, memilih teknik pemilihan sampel yang tepat, serta menerapkan teknik analisis data yang sesuai. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa nantinya mampu mengambil keputusan strategis yang berkaitan dengan bidang pengetahuan terkait serta mengaitkannya dengan kehidupan nyata melalui pemanfaatan IPTEKS

 

ING40035Cross Cultural Understanding (3-0 SKS)

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang bertujuan untuk menuntun mahasiswa menguasai konsep teoritis pemahaman perbedaan budaya yang juga melahirkan perbedaan cara berkomunikasi baik secara verbal dan non verbal, terutama dalam rangka perbedaan konsep  budaya berkomunikasi. Diharapkan setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa mampu menggunakan bahasa Inggris sesuai dengan budaya berkomunikasi/berbahasa sesuai dengan budaya komunikasi masyarakat penutur Bahasa Inggris (native speaker). Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa nantinya mampu mengambil keputusan strategis yang berkaitan dengan bidang pengetahuan terkait serta mengaitkannya dengan kehidupan nyata melalui pemanfaatan IPTEKS

 

ING40036  Skripsi (0-6 SKS)

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang bertujuan untuk menuntun mahasiswa menguasai konsep teoritis dalam menulis laporan hasil penelitian yang dimulai dari permasalahan penelitian, rumusan hipotesis, menulis kajian pustaka, metode penelitian, analisis data, kesimpulan, serta menyusun daftar pustaka, dan laporannya dituangkan dalam bentuk skripsi dan dipertahankan di depan dewan penguji. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa nantinya mampu mengambil keputusan strategis yang berkaitan dengan bidang pengetahuan terkait serta mengaitkannya dengan kehidupan nyata melalui pemanfaatan IPTEKS

Prasyarat: Telah lulus mata kuliah (nilai minimal C) Academic Writing, Research in Language Teaching I, Research in Language Teaching II, Advanced Reading, dan Advanced Grammar.